Senin, 10 September 2012

ARTI KEHADIRAN

Mencoba sedikit mencari tahu arti sebuah kehadiran diri. Apakah keberadaanku bisa memberi arti? Apakah kehadiranku bisa ikut mewarnai? Apakah kemunculanku di dunia ini bisa menjadi oase di tengah padang pasir? Atau hanya menjadi daun kering berserakan yang jejaknya mudah hilang ditiup angin? Atau jangan-jangan, seperti tumpukan sampah yang mengganggu pemandangan dan harus segera dimusnahkan?
Jika langkahku mulai tertatih, bantu dan kokohkan aku tanpa letih. Jika lakuku membuatmu pilu, luruskan aku tanpa jemu. Jika ucapku membuatmu sendu, tegur aku tanpa ragu. Dan bahkan jika senyumku tak lagi manis di hadapmu, tunjukkan aku cara bagaimana bisa membuatnya seperti dulu. Karena dengan begitu, aku bisa merasakan arti hadirmu.
Sungguh, aku tak pernah ingin……
Jika keberadaanku membuatmu hilang arah, membuatmu terlena di dunia, membuatmu lalai dari amanah, membuatmu terlempar dari jalan dakwah, atau bahkan membuatmu semakin menjauh dariNya.
Karena jika itu yang terjadi, maka aku hanya penyakit yang layak untuk disingkirkan, hanya sebuah cermin kotor yang tak layak untuk berkaca, dan hanya kerikil tajam yang bisa menghambat jalanmu jika tak dipinggirkan.
Dan jujurlah padaku, apakah hadirku melenakanmu? Jika memang begitu, ijinkan aku berlalu, bukan karena ingin menjauhimu, tapi karena begitu pentingnya arti sebuah waktu dan arti kehadiranmu, kelak di hadapanNya.
***Lagi dan lagi, kita harus introspeksi, semoga bisa saling memperbaiki diri

2 komentar: